//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Jagawana.com

This is how blogs should be.

Penipuan Berkedok Lowongan Kerja dan Tiket Pesawat

Banyak orang menjadi korban penipuan. Berbagai cara di lakukan pelaku penipuan untuk memperdaya korbannya. Tentu dengan tujuan menguras harta benda, uang dan segalanya dimiliki oleh korban.

Terbaru adalah kabar dari seorang netizen yang mengirim pesan mengenai pengalamannya tertipu.
Penipuan ini dengan modus lowongan kerja kepada korban. Pembaca dengan akun Facebook Maulana Ihsan AL Bakhri.

Pemilik akun ini menceritakan dengan judul Waspada Penipuan berkedok Lowongan Kerja. Berikut cerita pemilik akun terkait penipuan yang dialaminya.

Pada hari itu Kamis, 23 Juli 2015 sekitar pukul 10.20 Wita saya, menerima informasi lowongan kerja dari teman saya yang bernama FJ (08533245****) melalui handphone.

Setelah mengecek kebenaran nama perusahaan dan informasi lowongan kerja melalui internet, Kemudian pada pukul 11.30 Wita saya mengirimkan surat lamaran kerja melalui email yang dimaksud, yaitu : [email protected]****.com, [email protected]****.com, dan pratamaartay****@yahoo.com.

Selanjutnya pada hari yang sama sekitar pukul 14.30, saya mendapat email balasan dan telpon dari seseorang (08528579****) yang mengaku hrd dengan bunyi panggilan dan pemberitahuan pertemuan di Jakarta.

Dalam email disebutkan bahwa semua biaya ke jakarta akan diganti dengan syarat pembelian tiket harus melalui biro travel yang telah ditunjuk.

Kemudian saya menghubungi biro travel yang dimaksud (08230102****) dengan maksud konfirmasi akan panggilan kerja dan booking tiket.

Si penerima telpon mengaku bahwa dirinya memang ada kerja sama dengan perusahaan Pratama Arta Y****. Pada pukul 15.00, saya ditelpon oleh pihak travel untuk memberitahu kode boking pesawat dan menyuruh segera mentransfer uang dengan jumlah Rp. 4.633.900.

Paling lama 1 jam setelah ditelpon saat itu dengan alasan untuk pembayaran tiket pesawat Balikpapan – Jakarta PP + penginapan dan akomodasi.

Pada Pukul 15.48 Wita saya mentransfer jumlah uang yang dimaksud melalui ATM ke nomor rekening Bank B** ( sesuai arahan) dengan nomor rekening 0387586*** atas nama IRMA***.

Tak seberapa lama kemudian, saya menerima sms bahwa uang telah diterima.

Sekitar pukul 16.30, saya ditelpon kembali untuk aktivasi melalui ATM dengan alasan ada gangguan jaringan.

Saya ikuti perintahnya, namun karena isi ATM saya sudah minim, aktivasi gagal.

Pada pukul 17.00 Wita, secara iseng saya ngecek kode booking pesawat yang diberikan melalui website resmi Lion Air.

Betapa kagetnya saya ternyata kode booking saya tidak terdaftar.

Kemudian saya menelpon pihak travel, pada saat saya tanya mengenai kode booking, dia jawab ada kesalahan.

Kemudian beberapa menit kemudian saya telpon kembali dan tidak pernah diangkat ( Diterima).

Pada pukul 18.00 Wita, saya melaporkan kejadian ini pada Kepolisian Resort Kutai Kartanegara, namun sangat disayangkan saya mendapat jawaban bahwa kasus ini sulit untuk diungkap karena keterbatasan teknologi yang dimiliki Polres Kukar.

Padahal nomor telpon pelaku dan nomor rekening pelaku sudah ada (bukti).

Tolong sebarkanlah artikel ini kepada semua temanmu, jangan sampai ada yang tertipu.

Klarifikasi

Foto-foto yang tercantum di website ini sebagian hanyalah berfungsi sebagai ilustrasi dan tidak ada hubungannya dengan berita yang dimuat. Bila anda keberatan terhadap suatu foto, silakan hubungi kami.
Blog nirlaba ini diberdayakan oléh idCloudHost, server berbasis SSD Linux performa tinggi | Testimonial | Hubungi Kami